PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK
1. Pendahuluan
Pengembangan produk merupakan sekumpulan
aktivitas yang dimulai dengan mengidentifikasi peluang
pasar dan diakhiri dengan kegiatan produksi,7 penjualan, dan pengiriman produk (Ulrich & Eppinger, 2001). Untuk tetap
mampu bersaing dalam dunia industri, perusahaan tidak
hanya memerlukan pengembangan produk saja melainkan perlu meningkatkan produktivitas kerja. Perancangan alat bantu dalam proses produksi menghasilkan manfaat yang cukup signifikan dalam proses produksi. Perancangan produk yang telah dilakukan
bermanfaat dalam peningkatan kapasitas produksi dan
peningkatan dalam kualitas produk (Ulrich & Eppinger,
2001). [wima.ac.id]
Menurut Kotler (2000:374) pengembangan produk adalah sebagai berikut:
Tiap perusahaan harus mengembangkan produk baru.
Pengembangan produk baru membentuk masa depan perusahaan.
Produk pengganti harus diciptakan untuk mempertahankan atau
membangun penjualan. Perusahaan dapat menambah produk baru
melaui akuisisi dan/atau pengembangan produk baru.
Pengembangan produk perlu dilakukan oleh setiap perusahaan kerena
untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri dan dengan
pengembangan produk dapat meningkatkan hasil penjualan apabila produk
yang dikembangkan itu dapat diterima atau sesuai dengan selera konsumen.
No comments:
Post a Comment