Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Thursday, March 2, 2023

Pengendalian Kualitas#1: Pengantar

 

Pertemuan ke-1

Mahasiswa yang Hadir
[17/2 17.37] TI Salma: 
List kehadiran ...
170223
1.Salma Leuly
2.Hamama Kamtelat
3.Jinan Patta
4.Yulia Alkatiri
5.Hardiyanti yapono
6.M alvuad mualo
7.Rahul Lestaluhu
8.Abd Rauf batirarat
9.Indra Ellys
10. Soraya Rumfaran

Kuis

[17/2 17.48] To2021Rahul: Nama : Rahul lestaluhu 
Nim    : 202102133
1) mencari informasi pengendalian kualitas online dan offline
Jawab :
- pengendalian kualitas adalah penggunaan teknik dan aktivitas untuk mempertahankan sebuah kualitas produk
-proses ofline merupakan proses pengendalian kualitas yang tidak berinteraksi langsung atau bereaksi langsung dengan sebuah produk
- proses offline merupakan pengendalian kualitas dengan menyatakan aspek kepuasaan uasabalitas yang telah di modifikasi
2) dimensi dimensi kualitas
Jawab
- waktu tunggu
- keramahan tugas
- kenyamanan ruangan 
- berpengaruh pada informasi akutansi dan manajemen
[17/2 18.05] TI2021YuliaSafin: Nama:yulia safina alkatiri
Nim:202102122.      
 -Pengertian pengendalian kualitas adalah alat penting bagi management untuk memperbaiki kualitas produk bila di perlukan ,mempertahankan kualitas.
1).Pengendalian kualitas offline lebih bersifat preventif yang artinya adalah pengendalian kualitas yang dilakukan sebelum proses produksi berjalan sehingga kemungkinan adanya cacat produk dan masalah kualitas diharapkan dapat diatasi sebelum proses produksi berjalan.
-pengendalian online yaitu proses pengendalian mutu melalui proses produksi sebuah produk atau layanan. 
2).dimensi dimensi kualitas contohnya kualitas produk yaitu meliputi kinerja, estetika, keistimewaan, kehandalan, dan juga kesesuaian.
[17/2 18.12] Ti2021Hardiyanti: NAMA : HARDIYANTI YAPONO
NIM : 202102124

1. Pengendalian kualitas offline dan online?
- Pengendalian kualitas secara Offline adalah usaha-usaha yang bertujuan 
mengoptimalkan desain proses dan produk, sebagai pendukung usaha online. Usaha ini dilakukan baik sebelum maupun setelah proses.
- pengendalian Online adalah pendiagnosaan dan 
penyesuaian proses, pengontrolan proses, dan inspeksi hasil proses. Usaha-usaha ini adalah 
pengendalian kualitas yang berlangsung saat proses produksi sedang berjalan.
2. Dimensi-dimensi kualitas?
- Kinerja
- Fitur
-Kehandalan
-Kesesuaian
-Ketahanan
-Serviceability
-Estetika/keindahan
-Kesan Kualitas
[17/2 18.17] Ti2021Alwadin: Nama : Muhammad Alvuad Mualo
NPM : 202102123



1.....~ Pengendalian Kualitas offline adalah 
    proses pengendalian kualitas yang tidak                 berinteraksi langsung dengan produk .
Metode yang digunakan pada pengkwal offline yaitu:
   1.  Quality Function Deployment ( QFD )
   2. Design Of Experiments
   3. Response surface Metodologi ( RSM)
   
     Terdapat 3 tahap penting dalam perancangan proses ( Offline Quality Control)  yaitu:
     1.  Desain Sistem
     2. Desain Parameter
     3. Desain Toleransi
     
~ Pengendalian Kualitas online adalah
    proses pengendalian kualitas yang dilaksanakan dengan berinteraksi secara langsung dengan produk.
    Metode yang digunakan pada pengkwal online adalah
    1. statistical process  control
    2. Lot Acceptance Sampling Plan
    3. Retifying Inpection / auditing 
2.... Dimensi Kwalitas 
   Menurut Gronroos (Jasfar, 2005:53), pada dasarnya kualitas jasa dari sudut penilaian konsumen dibedakan atas tiga dimensi yaitu dimensi Technical, Functional, dan Coorporate Image.
   Dimensi kualitas yang sering digunakan dalam menentukan kualitas jasa adalah 5 (lima) dimensi pokok kualitas pelayanan menurut Parasuraman (Jasfar, 2005:51) adalah:
   1.. Kehandalan  (reliability)
   2.. Daya tanggap (responsiveness)
   3.. Jaminan (assurance)
   4.. Empati (emphaty)
   5.. Produk-produk Fisik (tangibles)
[17/2 18.18] Ti2021Jinan: Nama : Jinan patta 
Nim : 202102108 

1. Pengendalian kualitas dan offline 
-Online quality control adalah pendiagnosan dan penyesuaian proses, pengontrolan proses inpeksi hasil proses. Usah usaha ini adalah pengandaian kualitas yang berlangsung saat proses produksi sedang berjalan 
-offline quality control adalah usaha usaha yang bertujuan mengoptimalkan desain proses dan produk, sebagai pendukung usaha online quality control.
2. Dimensi- dimensi kualitas 
 Dimensi kualitas untuk industri manufaktur dan jasa. Dimensi itu di gunakan untuk melihat sisi manakah kualitas di nilai. Yang di maksud dimensi kualitas tersebut, telah di uraikan oleh Garvin (1996) untuk industri manufaktur meliputi:
- performance
-feature
- realibility 
- confirmance
- durability
- serviceability 
- aesthetic 
- perciption
[17/2 18.25] TI2021YuliaSafin: Nama : Hamama kamtelat 
Nim: 202102126
Pengendalian kualitas adalah kegiatan yang terstruktur untuk memperoleh dan menjaga mutu produk yang dihasilkan agar dapat berfungsi baik dan sesuai standar yang ditetapkan.
1). Pengendalian kualitas online adalah pendiagnosaan dan penyesuaian proses, pengontrolan proses, dan inspeksi hasil proses. Usaha-usaha ini adalah pengendalian kualitas yang berlangsung saat proses produksi sedang berjalan.
- Pengendalian kualitas secara Off-line adalah usaha-usaha yang bertujuan mengoptimalkan desain proses dan produk
 2). Dimensi dimensi kualitas produk kaaa (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty).
[17/2 20.33] TI Salma: Nama : Salma Leuly
NPM   : 2021-02-112
RESUME...
1).Carilah pengendalian kualitas secara offline dan online. &
2).Dimensi-dimensi kualitas.
* Pengendalian kualitas adalah salah satu ide yang dapat di gunakan sebagai ukuran dan dapat di bandingkan dengan suatu barang atau produk untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan tersebut agar produk yang di hasilakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 
1).Pengendalian kualitas secara offline atau yang disebut (offline quality control) adalah salah satu kegiatan yang bertujuan mengoptimalkan proses desain  produk, untuk mendukung usaha online quality control.
- Pengendalian kualitas online atau yang di sebut Quality control adalah hal yang sangat bemanfaat dalam dunia bisnis , untuk jenis bisnis yang bukan hanya mendistribusikan sebuah barang ,tetapi juga dapat memproduksi kemudian mendistribusikan barang yang diproduksi.
2). Dimensi-dimensi kualitas adalah syarat agar suatu nilai dari produk memungkinkan untuk bisa memuaskan pelanggan sesuai yang di inginkan/harapan.
- adapun dimensi kualitas produk meliputi beberapa hal antara lain;
1. Performance (Kinerja) 
2. Features (Fitur) 
3. Reliability (Kehandalan)
4. Conformance (Kesesuaian) 
5. Durability (Ketahanan)
6. Aesthetics (Estetika/keindahan) &
7. Perceived Quality (Kesan Kualitas)
* jadi Kesimpulannya adalah
Dengan adanya pengendalian kualitas secara offline & online, diharapkan produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan harapan konsumen, serta dapat memenuhi spesifikasi kualitas yang di tetapkan oleh sebuah perusahaan.
[17/2 22.39] TI2021YuliaSafin: NAMA   : INDRA ELYS
NIM       : 202102109
TUGAS  : PENGENDALIAN KUALITAS 
PENGENDALIAN KUALITAS ONLINE DAN OFFLINE QUALITI CONTROL
1. Pengendalian kualitas adalah penggunaan teknik dan aktivitas untuk mempertahankan dan memperbaiki kualitas produk atau jasa terdapat dua pendekatan dalam pengendalian kualitas yaitu Online Quality Control dan Offline Quality Control 
1.Online quality control adalah usaha-usaha yang tercakup dalam Online quality control adalah pendiagnosaan dan penyusunan proses, pengontrolan proses,dan inspeksi hasil proses,usaha-usaha ini adalah pengendalian kualitas yang berlangsung saat produksi sedang berjalan.
2.Pengendalian kualitas secara Offline quality control adalah usaha-usaha yang bertujuan mengoptimalkan desain proses dan produk.sebagai pendukung usaha online quality control.usaha ini dilakukan baik sebelum maupun setelah proses.salah satu pengendalian kualitas secara offline quality control adalah metode taguchi dengan penganggasnya adalah genichi taguchi dalam penelitiannya,taguchi menggunakan desain percobaan yaitu rancangan fraksional faktorial.
JENIS-JENIS PENGENDALIAN KUALITAS ONLINE DAN OFFLINE
Jenis pengendalian kualitas rekayasa kualitas secara offline dibagi menjadi tiga tahap,yaitu:
Tahap pertama I Perancangan komsep: Tahap ini berhubungan dengan pemunculan ide dalam kegiatan perancangan dan pengembangan produk,dimana ide tersebut muncul dari keinginan konsumen (Voice of Costumer).
Tahap II Perancangan Parameter : Tahap ini berfungsi untuk mengoptimalkan level dari faktor pengendali terhadap efek yang ditimbulkan oleh faktor lain sehingga produk yang ditimbulkan dapat tangguh terhadap gangguan ( noise ). Karena itu perancangan parameter sering disebut sebagai Robust Design.
Tahap III. Perancangan Toleransi : Merupakan tahap terakhir dimana dibuat matrik orthogonal array, loss function, dan ANOVA untuk menyeimbangkan biaya dan kualitas dari suatu produk.
metode pengendalian kualitas secara online antara lain:
Statistical Process Control : merupakan seperangkat tool yang dapat digunakan untuk melakukan pengamatan, pengendalian, dan pengujian pada tiap tahap proses produksi agar tidak terjadi variasi/penyimpangan yang cukup besar.
Static Signal-to-Noise Ratio : dapat mereduksi terjadinya variasi dengan menerapkan perancangan robust untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam proses produksi.
Compensation : merupakan seperangkat rencana pengendalian untuk menjaga agar proses yang terjadi sesuai dengan target.
Loss function based process 
control : pengendalian proses yang didasarkan pada dihilangkannya loss function Taguchi, sehingga dapat mengurangi seluruh biaya produksi, termasuk biaya produksi per unit, biaya inspeksi, dan biaya set-upyang diperlukan dalam pengendalian kualitas, serta dapat mengurangi quality lossyang diakibatkan oleh sisa variasi pada output.
2. DIMENSI-DIMENSI KUALITAS
Pengertian Dimensi-dimensi kualitas 
Menurut Tjiptono (2008), kualitas mencerminkan semua dimensi penawaran produk yang menghasilkan manfaat (benefits) bagi pelanggan. Kualitas suatu produk baik berupa barang atau jasa ditentukan melalui dimensi-dimensinya.
JENIS-JENIS DIMENSI KUALITAS
1. Performance (kinerja), berhubungan dengan karakteristik operasi dasar dari sebuah produk.
2. Durability (daya tahan), yang berarti berapa lama atau umur produk yang bersangkutan bertahan sebelum produk tersebut harus diganti. Semakin besar frekuensi pemakaian konsumen terhadap produk maka semakin besar pula daya produk.
3. Conformance to specifications (kesesuaian dengan spesifikasi), yaitu sejauh mana karakteristik operasi dasar dari sebuah produk memenuhi spesifikasi tertentu dari konsumen atau tidak ditemukannya cacat pada produk.
4. Features (fitur), adalah karakteristik produk yang dirancang untuk menyempurnakan fungsi produk atau menambah ketertarikan konsumen terhadap produk.
5. Reliability (reliabilitas), adalah probabilitas bahwa produk akan bekerja dengan memuaskan atau tidak dalam periode waktu tertentu. Semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan maka produk tersebut dapat diandalkan.
6. Aesthetics (estetika), berhubungan dengan bagaimana penampilan produk.
7. Perceived quality (kesan kualitas), sering dibilang merupakan hasil dari penggunaan pengukuran yang dilakukan secara tidak langsung karena terdapat kemungkinan bahwa konsumen tidak mengerti atau kekurangan informasi atas produk yang bersangkutan.
8. Serviceability, meliputi kecepatan dan kemudahan untuk direparasi, serta kompetensi dan keramahtamahan staf layanan.
[17/2 22.39] TI2021YuliaSafin: Tugas
Nama:Abd Rauf Batirarat
Nim:202102101
1.pengendalian secara online adalah.pengendalian secara mutu melalui proses produksi sebuah produk atau lainnya.contoh pada umumnya produk suatu perusahan harus memenuhi standar mutu
2.pengedalian secara offline adalah pengendalian kualitas yang dilakukan sebelum proses produksi berjalan sehingga kemungkinan adanya cacat atau rusak produk dan masalah kualitas diharapkan dapat diatasi sebelum proses produksi berjalan.contoh seperti cabe sebelum diproduksi menjadi sambal atau saos sebelumnya dapat dilakukan pengujian guna memastikan kualitas produk sesuai standar.
3.demensi kualitas adalah.merupakan syarat agar suatu nilai dari produk memungkinkan untuk bisa memuaskan pelanggan sesuai harapan, misalnya seperti kinerja yang bagus, estetika, keistimewaan,dan kehandalan.

No comments:

Post a Comment