Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Tuesday, October 31, 2023

Pemodelan Sistem Pertemuan Ke-7: Idea Finding

 



 

 


Pemodelan Sistem
Pertemuan Ke-7: Idea Finding





Materi Kuliah
Idea Finding


a. Proses idea finding
b. Metode-metode pembangkitan 
ide 



[31/10 15.16] TI2021RahulL: 
LIST KEHADIRAN PEMODELAN SISTEM

19-09-2023
26-09-2023
03-10-2023
10-10-2023
17-10-2023
24-10-2023
31-10-2023

1. ABD RAUF BATIRARAT
NPM :202102101
1 1 1 1 0 0 0

2. AVDY FIARDY MUALO
NPM : 202102105
0 1 1 1 0 0 0

3. JINAN PATTA 
NPM: 202102108
1 1 1 0 1 1 1

4. INDRA ELYS
NPM: 202102109
0 1 1 1 0 1 1

5. INDRA SOUWAKIL
NPM :202102111
0 0 1 1 1 0 1

6. SALMA LEULY
NPM : 202102112
1 1 1 1 1 0 1

7. SURAYA RUMFARAN
NPM : 202102118
1 1 1 1 1 1 1

8.YULIA SAFINA ALKATIRI 
NPM :202102122
1 1 0 0 1 1 1

9. M.ALVUAD MUALO
NPM: 202103123
1 1 1 1 1 1 0

10. HARDIYANTI YAPONO
NPM :202102124
1 1 1 1 0 1 1

11. HAMAMA KAMTELAT
NPM  : 202102126
1 1 1 1 1 1 1

12.RAHUL LESTALUHU 
NPM : 202102133
1 1 1 1 0 1 1

13. RIDWAN UNASUGI
NPM  :202002002
                 1 0
[1/11 04.27] Sitnah Aisyah Marasabessy: ☑️


Perkuliahan

[31/10 13.30] Sitnah Aisyah Marasabessy: 7 - Idea finding
1. Penjelasan tentang
a. Proses idea finding
b. Metode-metode pembangkitan 
ide 
2. Tugas individu: 
Buat resume individu dari bacaan 
yang diberikan/ browsing mandiri
tentang metode-metode 
pembangkitan ide untuk 
didiskusikan pada pertemuan 
selanjutny
[31/10 13.55] Ti2021Hardiyanti: Pencarian ide merupakan tahapan dalam metode tersebut, yang diperoleh setelah melalui tahap pencarian objektif, pencarian fakta, dan pencarian masalah.
[31/10 13.55] Ti2021Jinan: Idea-finding digunakan untuk produksi dan pengembangan ide (ideaproduction dan idea-development).
[31/10 13.55] TI2021RahulL: Idea fending adalah merupakan langkah brainstorming yang sangat penting.
[31/10 13.56] TI2021YuliaSafin: Idea-finding, yaitu menemukan ide dan gagasan yang mungkin bisa dijadikan solusi dalam memecahkan masalah.
[31/10 13.56] Hamama Kamtelat: Idea Finding, yaitu langkah setiap usaha peserta didik harus diapresiasi sedemikian rupa dengan penulisan setiap gagasan, tidak perduli seberapa relevan gagasan tersebut akan menjadi solusi.
[31/10 13.56] TI Salma: Idea Finding merupakan penemuan ide melalui analogi, manipulasi ide, ataupun membuat asosiasi baru dari ide orang.
[31/10 14.11] Ti2021Hardiyanti: Idea Finding, yaitu langkah setiap usaha peserta didik harus diapresiasi sedemikian rupa dengan penulisan setiap gagasan, tidak perduli seberapa relevan gagasan tersebut akan menjadi solusi.
[31/10 14.11] TI2021YuliaSafin: Proses idea finding yaitu langkah setiap usaha peserta didik harus diapresiasi sedemikian rupa dengan penulisan setiap gagasan, tidak perduli seberapa relevan gagasan tersebut akan menjadi solusi. Guru bertugas menyortir mana gagasan yang potensial dan yang tidak potensial sebagai solusi
[31/10 14.11] Ti2021Jinan: proses idea finding  adalah pengembangan prototipe produk, setelah pengembangan konsep.
[31/10 14.12] TI Salma: 1. Fact Finding
Fact-finding untuk menjelaskan tentang definisi dari masalah dan persiapan. Defini masalah digunakan untuk mengambil dan mencari masalah. Persiapan digunakan untuk mencari dan menganalisis data yang bersangkutan.

2. Idea Finding
Idea-finding digunakan untuk produksi dan pengembangan ide (ideaproduction dan idea-development). Produksi ide (idea-production) untuk memikirkan ide-ide tentatif sebagai ide yang memungkinkan. Pengembangan ide (idea-development) digunakan untuk memilih ide yang paling mungkin dari ide yang dihasilkan, menambahkan, dan pemrosesan kembali semuanya dengan cara seperti modifikasi dan kombinasi.

3. Solution Finding
Solution-finding digunakan untuk evaluasi dan adopsi. Evaluasi digunakan untuk memverifikasi solusi tentatif, dengan tes dan sebaliknya. Adopsi digunakan untuk memutuskan, dan menerapkan, solusi akhir.
[31/10 14.12] Hamama Kamtelat: Proses idea finding adalah Idea-finding digunakan untuk produksi dan pengembangan ide (ideaproduction dan idea-development). Produksi ide (idea-production) untuk memikirkan ide-ide tentatif sebagai ide yang memungkinkan. Pengembangan ide (idea-development) digunakan untuk memilih ide yang paling mungkin dari ide yang dihasilkan, menambahkan, dan pemrosesan kembali semuanya dengan cara seperti modifikasi dan kombinasi.
[31/10 14.12] TI2021RahulL: Proses idea finding yaitu langkah setiap usaha peserta didik harus diapresiasi sedemikian rupa dengan penulisan setiap gagasan, tidak perduli seberapa relevan gagasan tersebut akan menjadi solusi dari idea tersebut w
[31/10 14.14] TI Salma: Pemodelan sistem Nama : Salma Leuly
NPM: 202102112

✓(Proses Idea Finding)

1). Menemukan Sasaran ( Objective Finding )
Pada tahap ini guru menyajikan kejadian (tantangan) yang akan dicarikan penyelesainnya oleh siswa. Setelah itu, guru mendorong siswa untuk  memahami dan mendeskripsikan kembali kejadian tersebut untuk menggunakan bahasa mereka sendiri. Kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih memahami gambaran dari  kejadian yang diberikan.
2). Menemukan Fakta (Fact Finding )
Pada tahap ini, siswa mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait kejadian atau tantangan yang sudah diberikan dengan menggunakan semua persepsi dan indera mereka. Siswa menyelesaikan tahap ini dengan mengidentifikasi  seluruh fakta yang dianggap  relevan dengan permasalahan. Fakta yang mereka berikan kemudian dijelaskan  untuk memperoleh informasi yang lebih dalam terkait dengan fakta yang telah ditemukan.
3). Menemukan Masalah (Problem Finding )
Tujuan dari tahap ini adalah untuk memperjelas tantangan atau permasalahan dengan mendefenisikan kembali tantangan atau permasalahan yang sudah diberikan dengan mempertimbangkan berbagai cara melihatnya.
4). Menemukan Ide (Idea Finding )
Pada tahap ini, siswa diminta untuk memunculkan berbagai macam ide penyelesaian dari permasalahan yang diberikan dengan menggunakan berbagai sudut pandang yang berbeda. Dalam usaha menemukan ide-ide penyelesaian ini, siswa diharapkan bisa menghubungkan permasalahan-permasalahan yang sudah mereka rumuskan pada tahap Problem Finding dengan konsep-konsep yang sudah mereka peroleh dari kegiatan eksperimen
5). Menemukan Solusi ( Solution Finding )
Pada tahap ini, siswa diminta untuk menemukan beragam solusi dengan berlandaskan ide-ide yang sudah mereka daftarkan pada tahapan sebelumnya (Idea Finding). Berbagai solusi yang ditemukan selanjutnya dipilih sesuai dengan  bentuk dan situasi permasalahan.  Solusi yang dipilih merupakan solusi terbaik dari solusi yang ada. 
6). Menemukan Penerimaan (Acceptance Finding )
Tujuan dari tahapan ini adalah untuk mengembangkan rencana aksi. Siswa diminta untuk menuliskan secara terperinci terkait tahapan-tahapan yang harus dilewati ketika akan mewujudkan solusi-solusi yang sudah dipilih dalam bentuk penyelesaian nyata. Dalam tahapan ini,  siswa diminta mencatat faktor-faktor pendukung lainnya yang sekiranya diperluhkan dalam mewujudkan solusi-solusi terpilih ke dalam bentuk tindakan nyata.
[31/10 14.19] A Rauf Rumbati: Idea-Finding (menemukan ide), tahap ini tujuannya adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin yang berpotensi digunakan untuk memecahkan tantangan. Pada tahap ini pemecah masalah mencoba untuk membuat koneksi baru antara ide-ide melalui analogi, manipulasi ide, ataupun membuat asosiasi baru dari ide orang.
[31/10 14.29] A Rauf Rumbati: Nama:Abd Rauf Batirarat
Npm:202102101

(Proses finding) 

1.      Menemukan 
Sasaran ( Objective Finding )
Pada tahap ini guru menyajikan kejadian (tantangan) yang akan dicarikan penyelesainnya oleh siswa. Setelah itu, guru mendorong siswa untuk  memahami dan mendeskripsikan kembali kejadian tersebut untuk menggunakan bahasa mereka sendiri. Kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih memahami gambaran dari  kejadian yang diberikan. Setelah siswa selesai mendeskripsikan kejadian dengan bahasa mereka sendiri, siswa selanjutnya diajak untuk menemukan sasaran atau tujuan yang hendak dicapai dalam proses pemecahan masalah.
2.      Menemukan Fakta (Fact Finding )
Pada tahap ini, siswa mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait kejadian atau tantangan yang sudah diberikan dengan menggunakan semua persepsi dan indera mereka. Siswa menyelesaikan tahap ini dengan mengidentifikasi  seluruh fakta yang dianggap  relevan dengan permasalahan. Fakta yang mereka berikan kemudian dijelaskan  untuk memperoleh informasi yang lebih dalam terkait dengan fakta yang telah ditemukan. Penjelasan ini selanjutnya digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan informasi mana saja yang menjadi informasi paling penting.
[31/10 14.57] Ti2021Hardiyanti: Berangkat lebih awal sebelum kemacetan
[31/10 14.57] TI2021YuliaSafin: Nama yulia 
Npm 202102122 

1. Ide untuk mengatasi kemacetan  lalu lintas ialah 

Larangan tegas bagi pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan dan parkir liar yang sering kali menghambat laju kendaraan.
[31/10 14.57] Ti2021Jinan: Mengutamakan jalan untuk satu arah.
[31/10 14.57] TI2021IndraSowakil: Rencanakan perjalanan
[31/10 14.57] TI2021RahulL: Harus memakai kendaraan roda 2
[31/10 14.58] TI Salma: Idea Finding untuk mengatasi kemacetan adalah melakukan pembatasan kendaraan pribadi
[31/10 14.58] Hamama Kamtelat: Idea  mengatasi kemacetan yaituu Memakai Transportasi Umum.
[31/10 15.04] TI Salma: Idea Finding Minimarket harmony. Yaitu memberikan Diskon harga/potongan harga.
[31/10 15.05] TI2021RahulL: Melakukan promosi produk dan tempat penjualan
[31/10 15.06] TI2021YuliaSafin: Manfaatkan media sosial
[31/10 15.06] Ti2021Hardiyanti: Dengan mengeluarkan produk yang baru
[31/10 15.08] Ti2021Jinan: Metode metode pembangkitan ide 

1. Metode brainstorning 
2. Metode lead-user
[31/10 15.09] TI2021YuliaSafin: Metode Pemetaan Pikiran
[31/10 15.10] TI2021RahulL: 1. Brainstorming
2.worst idea
3.mempertanyakan asumssi
4.brainwriting
5.mid maping 
6.storyboard
[31/10 15.10] TI Salma: ✓Metode-Metode Pembangkitan Idea

a. Metode Papan Cerita
b. Metode Pemetaan Pikiran
c. Membuat Sketsa Sebagai Kelompok
d. Membuat Kata Bank
e. Teknik Topi Berpikir
[31/10 15.11] Ti2021Jinan: Metode metode pembangkitan ide 

1. Metode brainstorning 
2. Metode lead-user
3. Metode mind map 
4. Metode problem solving
[31/10 15.11] Ti2021Hardiyanti: Metode metode pembangkit ide
- Observasi
- Networking
- Brainstorming
[31/10 15.11] TI2021IndraSowakil: Metode Papan Cerita
[31/10 15.20] Hamama Kamtelat: Motede" pembangkitan idea 

1 motede reverse brainstorming
2 metode Brainwriting







No comments:

Post a Comment