Penting bagi seorang peneliti, terutama agen peneliti dari luar, untuk lebih mengetahui latar belakang dari perusahaan atau organisasi yang diteliti, bahkan sebelum melaksanakan wawancara pertama dengan para karyawan di dalam perusahaan atau anggota organisasi tersebut. Informasi mengenai latar belakang perusahaan atau organisasi ini didapatkan dari hasil-hasil publikasi, hasil sensus bisnis, panduan pelayanan oleh perusahaan atau organisasi, catatan-catatan dan laporan-laporan, maupun website perusahaan/organisasi, berupa:
- Sejarah perusahaan/organisasi (kapan berdiri, bidang usaha, tingkat pertumbuhan, kepemilikan, dan seterusnya.
- Jumlah tenaga kerja dan aset perusahaan/organisasi
- AD/ART, tujuan dan ideologi perusahaan/organisasi
- Lokasi
- Sumber daya manusia, mesin, dan lain-lain
- Hubungan dengan institusi lain dan dengan lingkungannya
- Posisi keuangan selama 5 hingga 10 tahun terakhir, serta data-data keuangan yang relevan
Sumber: Uma Sekaran [hal. 59 - 60]
No comments:
Post a Comment