Informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku di dalam perusahaan atau organisasi, struktur, aliran kerja, filosofi manajemen, dan semisalnya dapat diperoleh dengan pertanyaan langsung. Ketika sejumlah pertanyaan diajukan secara langsung kepada para manajer secara perorangan, maka mungkin terjadi perbedaan dan kontradiksi antara jawaban-jawaban yang diberikan. Terjadinya perbedaan dankontradiksi dalam jawaban itu sendiri mengindikasikan adanya masalah-masalah seperti kurangnya komunikasi atau kesalahpahaman anggota organisasi terhadap filosofi, tujuan-tujuan, nilai-nilai organisasi, dan seterusnya. Isu-isu tersebut dapat ditindaklanjuti dalam wawancara lanjutan untuk mendapatkan gagasan mengenai seberapa besar kadar perbedaan persepsi yang terjadi pada para anggota di dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Beberapa contoh informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan wawancara adalah:
- Aturan main dan posisi-posisi dalam organisasi serta jumlah tenaga kerja pada setiap level pekerjaan.
- Tingkat spesialisasi
- Jalur komunikasi
- Sistem kontrol
- Koordinasi dan jangka waktu pengontrolan
- Sistem reward/upah
- Sistem aliran kerja dan semisalnya.
No comments:
Post a Comment