Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Sunday, November 14, 2010

Cara Menulis Literature Review

Anda mungkin diminta atau ditugaskan untuk menulis sebuah review jurnal. Meskipun ini mungkin bukanlah tugas yang biasa, namun menulis review jurnal juga bukanlah sebuah pekerjaan yang sesulit seperti menulis sebuah esai yang membutuhkan banyak riset perpustakaan, dan juga tidak sama dengan review tulisan pada sebuah koran atau majalah yang ditulis untuk pembaca umum.
Review jurnal yang anda susun ditulis untuk pembaca (misalnya supervisi, dosen, atau tutor anda) yang memiliki pengetahuan tentang disiplin ilmu dalam jurnal yang di-review dan bukan hanya tertarik pada ulasan ataupun isi dari artikel yang di-review, namun juga pada penilaian kritis (critical assessment) anda tentang pemikiran maupun argument yang dibuat oleh penulis jurnal.
Review yang anda buat dapat disusun dengan berpedoman pada pertanyaan-pertanyaan berikut:
1, Objectives; Untuk apa artikel tersebut dibuat?
2. Theory; Apakah ada kerangka kerja teoritis yang eksplisit pada artikel tersebut? Jika tidak, apakah ada asumsi-asumsi teoritis yang penting?
3. Concepts; Apa yang menjadi konsep utama? Apakah konsep tersebut didefenisikan dengan jelas?
4. Argument; Apa yang menjadi argumen utamanya? Apakah ada hipotesis tertentu?
5. Method; Metode apakah yang digunakan untuk menguji hipotesis tersebut?
6. Evidence; Apakah ada bukti yang ditampilkan? Seberapa memadaikah bukti-bukti tersebut?
7. Values; Apakah posisi nilai (value position) ditunjukkan secara jelas ataukah secara implisit?
8. Literature; Bagaimana penelitian dalam jurnal tersebut sesuai dengan literatur yang lebih luas?
9. Contribution; Seberapa baikkah artikel dari jurnal tersebut mampu menambah pengetahuan kita tentang subyek tersebut?
10. Style; Seberapa jelaskah bahasa atau gaya atau ekspresi yang digunakan penulis?
11. Conclusion; Penilaian ringkas

Bagaimana anda bisa memenuhi hal tersebut?
Langkah 1: Kenali artikel yang anda review:
- Lihat judul, daftar isi, abstrak dan pengantarnya. Semuanya akan memberikan anda beberapa ide tentang fokus utama dan ulasan dari artikel tersebut serta alasan-alasan penulis dalam menulis artikel tersebut.
- Saringlah secara cepat keseluruhan dari artikel tersebut, Amati kalimat-kalimat pembuka paragraf, tabel-tabel, ilustrasi maupun gambar-gambar grafis yang ada.
- Bacalah secara lebih mendetail bagian pertama, yang akan memberitahukan kepada anda permasalahan-permasalahan utama yang dibahas dan mengindikasikan aspek-aspek teoritis maupun kerangka konseptual yang diajukan oleh penulis.
- Kemudian, bacalah secara mendetail bagian akhir, yang mencakup kesimpulan penulis dan ringkaslah alasan-alasan utama mengapa kesimpulan tersebut diambil.
- Setelah anda familiar dengan tulisan tersebut, bacalah keseluruhan isi dari jurnal tersebut untuk mengembangkan sebuah dasar dalam me-review jurnal tersebut secara kritis.
Langkah 2: Putuskan aspek-aspek dari artikel yang ingin anda bahas secara mendetail dalam review tersebut, apakah pendekatan teoritis? Isi atau studi kasus? Pemilihan dan interpretasi bukti? Cakupan ulasan? Ataukah gaya presentasinya?
Biasanya anda akan mendiskusikan isu-isu utama yang secara khusus dibahas oleh penulis. Kadang-kadang anda dapat memilih pembahasan tertentu karena menurut anda hal tersebut penting bagi anda dan bidang ilmu yang sedang anda dalami, meskipun itu bukanlah isu utama dari penulis.
Langkah 3: Sekarang, dengan berlandaskan pada pengetahuan anda tentang artikel tersebut dan keputusan anda tentang isu apa yang akan anda diskusikan, bacalah secara lebih mendetail bagian-bagian yang relevan dengan isu atau pembahasan tersebut. Buatlah catatan tentang poin-poin dan pernyataan-pernyataan utama.
Jika diperlukan, baca juga artikel-artikel atau buku-buku lain yang relevan dengan topik yang anda buat, hal ini untuk mendukung bukti-bukti atau model-model teoritis alternatif atau interpretasi data.
Anda mungkin juga ingin melihat review yang lain tentang artikel tersebut. Yang terdapat pada jurnal akademik terbaru untuk mendapatkan gagasan tentang bagaimana artikel tersebut memiliki hubungan dengan disiplin ilmunya. Bagaimanapun gunakanlah review tersebut hanya untuk mendukung evaluasi pribadi anda, jangan mengkopi atau menirunya.
Sekarang anda telah siap untuk mulai membuat draft menulis review.
Struktur dari review sebaiknya terdiri dari:
- Sebuah identifikasi awal dari artikel yang direview (penulis, judul, nama jurnal, tahun publikasi, dan detail-detail lain yang penting, seperti misalnya, ini adalah Edisi berbahasa Perancis, dan lain-lain), dan sebuah indikasi dari aspek-aspek utama pada artikel yang akan anda diskusikan.
- Sebuah ringkasan mengenai lingkup, isi dan argumen dari artikel. Anda juga dapat meringkas bagian demi bagian, tetapi secara singkat (1000-1500 kata). Anda hanya mengambil tema-tema utama saja. Bagian ini biasanya tidak boleh lebih dari tiga dari review total.
- Sebuah diskusi kirits yang mencakup 2 hingga – 3 isu utama dalam artikel. Bagian ini adalah inti dari review anda. Anda perlu menjelaskan argumen penulis sebelum anda mengkritisi dan mengevaluasinya. Juga anda harus mampu mendukung kritik anda sendiri dengan bukti dari teks atau tulisan lain. Anda juga mungkin ingin menunjukkan perbedaan-perbedaan perlakuan penulis mengenai suatu topik; tetapi kurang bermanfaat untuk mengkritisi seorang penulis karena tidak melakukan apa yang tidak pernah mereka ingin lakukan.
- Sebuah evaluasi akhir mengenai kontribusi keseluruhan yang diberikan artikel tersebut terhadap pemahaman anda mengenai topic tersebut (dan mungkin juga penting untuk mengembangkan pengetahuan pada area atau disiplin ilmu tertentu, menempatkannya dalam konteks tulisan lain pada bidang yang sama).
Ceklis untuk draft akhir:
- Apakah anda sudah mengidentifikasi artikel tersebut secara jelas, tepat pada saat dimulai?
- Apakah argument yang diajukan penulis telah diringkas secara jelas dan obyektif sehingga pembaca review anda dapat mengenali pendekatan teoritis dan cakupan materi? (sekitar tiga dari sebuah review singkat)
- Apakah isu-isu yang terdiri dari 2 – 3 isu utama dalam artikel tersebut telah diidentifikasi dan didiskusikan secara jelas? (sekitar 50-60% dari review.)
- Apakah anda telah memberikan alasan tentang kritik dan penghargaan anda tentang artikel tersebut?
- Apakah ada evaluasi akhir mengenai pentingnya artikel tersebut, berdasarkan diskusi awal amda?

Diterjemahkan dari “Writing a journal article review”, website The Australian National University.

No comments:

Post a Comment