Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Monday, November 29, 2010

Defenisi Sistem

A system is understood to be a whole composed of elements that are related to each other.
The cohesion will emerge from the fact that the elements are linked together by their relations.
Briefly defined, one might say that a system is a collection of elements in their entirety and the relations between them.

Sebuah sistem adalah suatu komposisi menyeluruh dari elemen-elemen yang saling berkaitan satu sama lain. Elemen-elemen tersebut saling terhubung oleh adanya relasi antarelemen. Sistem juga dapat didefenisikan sebagai suatu kumpulan elemen dalam kemenyeluruhannya dan hubungan antarelemen tersebut.

Dalam sebuah sistem pasar misalnya, terdapat elemen-elemen pedagang, barang dagangan, pengunjung, kios, pedagang keliling, petugas cleaning service, dan sebagainya. Antarelemen-elemen tersebut terjadi berbagai relasi yang menghubungkan mereka satu dengan yang lain.

Untuk kajian Teknik Industri, pengetahuan kesisteman yang baik akan membantu seorang Industrial Engineer dalam mengevaluasi masalah sebagai bagian dari sistem serta pengaruh/perannya bagi sebuah sistem secara keseluruhan.

Bagi Anda mahasiswa yang sedang memprogramkan Mata Kuliah Metodologi Penelitian, jelaskan bentuk-bentuk hubungan antarelemen pada contoh sistem pasar di atas. Jika memungkinkan, sertakan pula dengan diagram yang menunjukkan keterkaitan antara elemen-elemen tersebut. Kirim ke: sitnaham@yahoo.com.

1 comment:

  1. isi blognya bagus dan bermutu banget, tpi kalo bisa nrima saran neh, untuk tampilannya blog ini serta tata letak menu2nya coba di atur lgi dengan baik biar user makin enak ngeliatnya. tpi kalo menurut saya sih isi blognya bagus banget.

    ReplyDelete