Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Sunday, October 19, 2014

Dunia Proyek

Diterjemahkan oleh:
Sitnah A. Marasabessy

Beberapa dekade yang lalu ditandai dengan adanya perkembangan yang sangat cepat dalam penggunaan manajemen proyek sebagai alat yang dengannya sebuah organisasi akan dapat mencapai tujuannya.  Pada masa lalu, kebanyakan proyek  berada di luar dari sebuah organisasi - seperti membangun gedung baru, merancang kampanye iklan komersial, peluncuran roket - akan tetapi pertumbuhan dalam pemakaian proyek kemudian berubah menjadi bagian proyek internal dari sebuah organisasi yaitu seperti: pengembangan produk baru, pembukaan kantor cabang baru, perbaikan layanan bagi para konsumen.  Semakin pesatnya perkembangan proyek-proyek eksternal, semakin sukses pula jalannya proyek-proyek internal yang bahkan perkembangannya lebih memuaskan sehingga organisasi tersebut secara substansial dapat meningkatkan kemampuannya untuk menjalankan aktifitasnya secara lebih efisien, efektif, atau lebih cepat.  Hal ini berdampak pada terbentuknya sebuah lembaga bisnis yang memiliki kontribusi bagi masyarakat serta secara simultan akan dapat meningkatkan kekuatan atau kemampuan kompetitifnya.  Manajemen Proyek membekali organisasi dengan perangkat yang sangat mendukung untuk meningkatkan kemampuan organisasi tersebut dalam merencanakan, menerapkan, dan mengendalikan berbagai aktifitas organisasi, demikian pula meningkatkan pemberdayaan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya.
Ada suatu pertanyaan yang sering ditanyakan, "Mengapa mereka tidak dapat menjalankan pemerintahan seperti saya menjalankan bisnis saya?  Dalam kasus manajemen proyek, bisnis dan organisasi-organisasi lain belajar dari pemerintah.  Manajemen Proyek muncul karena karakteristik dari masyarakat kontemporer kita yang menginginkan pengembangan berbagai metode manajemen adalah sebagai berikut:
1) Ekspansi dalam pengetahuan manusia
2) Pertumbuhan permintaan yang semakin kompleks terhadap barang dan jasa
3) Evolusi pasar dunia terhadap produksi dan konsumsi serta pelayanan
Ketiga hal ini menuntut penggunaan tim dalam memecahkan berbagai masalah yang biasanya hanya diselesaikan oleh satu orang.  Ketiga hal tersebut semakin meningkatkan kompleksitas barang dan jasa yang diproduksi serta kompleksitas proses yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut.  Semua hal yang disebutkan di atas membawa pada kebutuhan akan sistem yang lebih kompleks dan lengkap untuk mengendalikan hasil-hasil dan proses-proses.

Diterjemahkan dari:
Project Management, Jack R.Meredith dan Samuel.J.Mantel
Edisi ke-7

5 comments:

  1. Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Nama : Rahmania Usemahu
    NPM : 201102033

    Dalam kehidupan ini proyek-proyek yang telah dikerjakan sangat banyak dan tingkat keberhasilannya pun tercapai, semua itu tidak lepas dari sistem Manajemen Proyek yang baik. Manajemen proyek sendiri dapat dikatakan sebagai usaha merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi kegiatan dalam proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal waktu serta anggaran yang telah ditetapkan. contoh proyek pembangunan jembatan SURAMADU, yang saat ini telah di gunakan dan dinikmati itu tidak lepas dari Manajemen Proyek yang sifatnya dilakukan dengan efektif dan efesien, sehingga proyek tersebut dapat terselesaikan.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Nama : Abdul Faruq
    NPM : 201202049

    pentingnya manajemen proyek di masa mendatang, manajemen proyek memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kegiatan pengembangan perusahaan kearah yang bersifat strategis.

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Nama : Muslim Titawael
    NPM : 201102029

    Dalam menciptakan perekonomiaan suatu bangsa perlu ada integrasi dari berbagai disiplin ilmu maupun kebijakan strategis yang bisa memberikan keuntungan yang berkesinambungan. Salah satunya adalah manajemen proyek, bidang ilmu ini tidak bisa dipisahkan karena dalam suatu kegiatan ataupun proyek akan menghasilkan salah satu output yaitu berhasil_berjalan mulus yang sesuai dengan harapan.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Wr.Wb.

    Nama : Melda

    PENTINGNYA MANAJEMEN PROYEK
    Dengan manajemen proyek kita dapat Mengidentifikasi fungsi tanggung jawab , Meminimalkan tuntutan pelaporan rutin, Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan, Mengidentifikasi metode analisa peramalan, Mengukur prestasi terhadap rencana, Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan, Meningkatkan kemampuan estimasi untuk rencana, Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampau
    karena tanpa manajemen yang baik maka Proyek akan Macet dan Kegagalan Sistem Sebuah proyek pengembangan system, dan tanpa manajemen yang baik setidaknya akan mengalami beberapa konsekuensi berikut: Anggaran yang sangat berlebih, Penguluran waktu yang tidak diharapkan, Kinerja teknis yang kurang dari yang diharapkan, Kegagalan mendapatkan manfaat yang telah diantisipasi, Sasaran Manajemen Proyek Seperti pada bidang bisnis lainnya, manajemen proyek untuk system informasi harus menangani lima variabel utama: Cakupan,waktu, biaya, kualitas, dan resiko.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum wr.wb

    Nama : Dianty.Dj
    Npm : 2011 02 005

    Manajemen proyek mulai di anggap penting dalam kegiatan pembangunan di masa mendatang.manajemen proyek memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kegiatan pengembangan yang bersifat strategis.beberapa alasan yang dibanggap dapat menguatkan pentingnya keberadaan fungsi manajemen proyek yang baik dalam suatu pembangunan antara lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyebabkan semakin meningkat kompleksitas aktifitas dalam dunia proyek.

    ReplyDelete