Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Sunday, September 27, 2020

Tahapan Persiapan MBKM

Tahapan persiapan dalam implementasi kurikulum MBKM dijelaskan seperti berikut.


  1. Tim Pengembang Kurikulum menyusun pedoman implementasi MBKM yang dikoordinasikan oleh Divisi Kurikulum Direktorat Akademik UPI.


  1. Divisi Kurikulum meyelenggarakan sosialisasi kepada fakultas, program studi, dan unit lainnya yang terkait dengan pengelolaan implementasi MBKM.

  2. Prodi melakukan kajian kurikulum dan atau capaian pembelajaran (CPL) pada program studi lain di lingkungan UPI yang relevan dengan program studinya, pada prodi yang sama dan berbeda di luar UPI.

  3. Prodi menetapkan paket-paket matakuliah yang dapat dikonversi dan atau disetarakan dengan kegiatan:


  1. magang/praktik industri


    1. proyek di desa


    1. mengajar di sekolah


    1. pertukaran pelajar




Panduan MBKM UPI ____________________________________________________________  25



  1. penelitian/riset


  1. kegiatan wirausaha


  1. studi/proyek independen


  1. proyek kemanusiaan


Semua kegiatan yang disebutkan di atas selanjutnya disebut program MBKM.


    1. Prodi menetapkan mata kuliah yang akan ditawarkan kepada mahasiswa baik dari UPI maupun dari luar UPI (selanjutnya disebut matakuliah yang ditawarkan). Penetapan mata kuliah melalui proses rapat dewan dosen di lingkungan program studi.


    1. Prodi melakukan penjajagan terhadap lembaga dan lokasi kegiatan sebagaimana yang dirinci pada poin (4) untuk menentukan kesesuaian kegiatannya dengan profil lulusan dan atau CPL program studi.

    2. Prodi mengajukan daftar nama mata kuliah dan daftar lembaga lokasi kegiatan program MBKM kepada divisi kurikulum yang diketahui oleh dekan.

    3. Divisi kurikulum memverifikasi mata kuliah yang diajukan oleh program studi yang selanjutnya diterus-sampaikan kepada Direktorat TIK. Mata kuliah yang ditawarkan didokumentasikan oleh divisi kurikulum dan divisi layanan akademik Direktorat Akademik.


    1. Divisi kurikulum dan Divisi Layanan Akademik mendokumentasikan usulan lokasi dan lembaga kegiatan program MBKM yang direncanakan oleh prodi

      1. Direktorat TIK mengunggah mata kuliah sehingga dapat dikontrak oleh mahasiswa UPI di luar prodi yang menawarkan dan mahasiswa di luar UPI baik pada prodi yang sama maupun yang berbeda.

No comments:

Post a Comment