Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Sunday, May 4, 2025

UTS Sistem Lingkungan Industri






UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

Mata Kuliah: Sistem Lingkungan Industri
Program Studi: Teknik Industri – Universitas Darussalam Ambon
Semester: (Sesuaikan)
Dosen Pengampu: Sitnah Aisyah Marasabessy
Waktu: 90 Menit

Petunjuk:

  • Jawablah semua pertanyaan dengan jelas dan sistematis.

  • Tunjukkan analisis dan pemahaman konsep, bukan sekadar definisi.

  • Gunakan ilustrasi/gambar/tabel jika diperlukan untuk memperkuat jawaban.


Bagian A – Esai (Jawab 3 dari 4 soal berikut, masing-masing 20 poin)

  1. Jelaskan hubungan antara sistem industri dan lingkungan dalam konteks keberlanjutan.
    Berikan contoh bagaimana industri dapat berkontribusi pada kerusakan lingkungan dan bagaimana seharusnya mitigasi dilakukan.

  2. Uraikan konsep ekologi industri dan jelaskan peran simbiosis industri dalam mengurangi limbah.
    Sertakan minimal satu contoh penerapan simbiosis industri yang nyata (dalam atau luar negeri).

  3. Apa itu Life Cycle Assessment (LCA)?
    Jelaskan langkah-langkah utama dalam melakukan LCA dan berikan contoh sederhana penerapannya pada produk sehari-hari.

  4. Bandingkan pendekatan manajemen limbah industri yang reaktif vs. proaktif.
    Jelaskan keuntungan pendekatan proaktif terhadap keberlanjutan lingkungan.


Bagian B – Studi Kasus (Jawab 1 soal berikut, bobot 40 poin)

Studi Kasus:
Sebuah industri makanan skala menengah di Ambon menghasilkan limbah organik dan non-organik yang tidak terkelola dengan baik. Hasil audit lingkungan menunjukkan tingginya konsumsi energi dan emisi karbon, serta belum adanya sistem LCA dalam proses produksinya.

Pertanyaan:

  1. Identifikasi dan analisis 3 permasalahan utama yang dihadapi industri tersebut.

  2. Rancang solusi sistematis yang mencakup:

    • Strategi pengelolaan limbah

    • Langkah efisiensi energi

    • Penerapan metode LCA pada salah satu produk

  3. Jelaskan bagaimana solusi Anda mendukung tujuan pembangunan industri berkelanjutan.







No comments:

Post a Comment