Assalam Alaikom Pictures, Images and Photos

Monday, October 7, 2024

Outline materi PEMODELAN SISTEM

 





OUTLINE MK PEMODSIS


 Pertemuan 1-6


Pertemuan Ke-1 Pendahuluan

  • a. definisi sistem, elemen sistem
  • b. berpikir sistem
  • c. batasan sistem dan lingkungan sistem
  • d. Tingkatan karakteristik sistem manufaktur


Pertemuan Ke-2 Kompleksitas sistem dan permasalahannya

  • a. Definisi masalah
  • b. Karakteristik masalah
  • c. Tingkat pengetahuan masalah
  • d. Lingkup masalah dalam sistem manufaktur


Pertemuan Ke-3 Pendekatan Sistem dalam Pemecahan 

masalah

  • a. Definisi pendekatan sistem dan tahapan pendekatan sistem
  • b. Metode pemecahan masalah kreatif (Osborn-Parnes CPS)
  • c. Tahap mess finding dan fact finding dari Osborn-Parnes CPS
  • d. Hubungan Pendekatan Sistem & Osborn-Parnes CPS


Pertemuan Ke-4 Problem Finding (Rumusan Masalah 

dan Tujuan Studi)

  • a. Proses problem finding 
  • b. Penentuan tujuan studi dari masalah pemodelan sistem


Pertemuan Ke-5 Karakterisasi sistem

  • a. Alasan perlunya langkah karakterisasi sistem
  • b. Proses simplifikasi dan idealisasi dalam pemodelan sistem
  • c. Langkah-langkah karakterisasi sistem


Pertemuan Ke-6 Influence diagram

  • a. Definisi influence diagram
  • b. Fungsi influence diagram
  • c. Langkah pembuatan influence diagram
  • d. Contoh-contoh penerapan influence diagram


●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

Pertemuan Ke-7: 

Idea Finding

●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

Bacalah materi pada Bab 7 dan kerjakan Tugas Pengganti Pertemuan Ke-7


Idea Finding dengan Metode Brainstorming

Masalah yang sering dihadapi oleh UMKM:

"Menentukan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru"

Contoh kasus:
Sebuah UMKM yang memproduksi makanan ringan khas Maluku memiliki produk berkualitas tinggi tetapi kesulitan meningkatkan penjualan karena pelanggan potensial tidak mengetahui keberadaan produk mereka.

Brainstorming dapat digunakan untuk:

  1. Mengidentifikasi target pasar baru, seperti komunitas pecinta makanan ringan sehat atau konsumen luar negeri.
  2. Membahas ide-ide kreatif untuk pemasaran, seperti memanfaatkan media sosial, kolaborasi dengan influencer lokal, atau memberikan diskon untuk pembelian pertama.
  3. Menemukan cara memanfaatkan teknologi, seperti menggunakan e-commerce atau platform berbasis aplikasi untuk meningkatkan jangkauan produk.

Pendekatan ini memungkinkan tim untuk mengeksplorasi berbagai solusi, memprioritaskan yang paling potensial, dan menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Tugas Kelompok:

Bentuk 1 kelompok kecil dan lakukan sesi Brainstorming untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi UMKM tersebut. Catat semua ide yang dihasilkan dan evaluasi mana yang paling feasible untuk diterapkan.

  • Kerjakan dalam bentuk  catatan tangan, 
  • Catatan di scan dan disimpan menjadi satu dalam 1 file PDF
  • Simpan dengan nama yang sesuai yaitu NamaAanda_TugasBab7
  • Kumpul tanggal 3

●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

Bab 8 

Model dan Klasifikasi Model 

A. Definisi Model 

B. Berbagai Klasifikasi Model


Tugas

Kerjakan semua tugas latihan soal yang ada di halaman 84 sampai 85

  • Kerjakan dalam bentuk  catatan tangan, 
  • Catatan di scan dan disimpan menjadi satu dalam 1 file PDF
  • Simpan dengan nama yang sesuai yaitu NamaAanda_TugasBab8
  • Kumpul tanggal 10



Bab 9

Solution Finding 

A. Proses pada Tahap Solution Ffinding 

B. Solution Finding dalam Pemodelan Sistem


■■■■■■■■■■■■■■■■

Bab 10

Formulasi Model 

  • A. Karakteristik Model yang Baik 
  • B. Prinsip-prinsip Pemodelan 
  • C. Definisi Formulasi Model 
  • D. Model Matematika 
  • E. Ekuivalensi Antara Istilah Sistem dan Istilah Model 
  • F. Formulasi Model Deterministik dan Stokastik


■■■■■■■■■■

Bab 11

Verifikasi dan Validasi Model 

A. Proses Verifikasi Model 

B. Proses Validasi Model

Bab 12

Analisis Model 

A. Definisi Analisis Model 

B. Teknik-teknik Analisis 

Bab 13

Acceptance Finding 

A. Proses Acceptance Finding 

B. Kesulitan-kesulitan dalam Proses Acceptance Finding



No comments:

Post a Comment